2.04.2009


Menuntut ilmu merupakan kewajiban bagi setiap umat manusia. Kita akan bodoh dan tersesat apabila kita tidak mempunyai ilmu. Oleh karena itu disediakanlah sarana atau fasilitas penyedia layanan pendidikan , mulai dari TK, SD,SMP,SMA,hingga ke Perguruan Tinggi.

Nah....,
untuk mengetahui sejauh mana ilmu yang telah kita kuasai dan kita peroleh dari guru maupun dosen, pihak penyelenggara pendidikan biasanya mengadakan ujian,diantaranya adalah ujian semester. Disini saya akan membagi sedikit info tentang kiat - kiat apa aja cih yang harus kita lakukan dalam persiapan menghadapi ujian semester

1. Perhatikan syarat-syarat yang diberikan guru/dosen ketika pertama kali kuliah, biasanya beliau menentukan perjanjian tentang syarat-syarat mengikuti ujian semester, maka perhatikanlah hal itu dari awal. Biasanya dosen mensyaratkan ujian dengan batas
minimal presensi kehadiran. Tinggalkan kekhawatiran ini jika memang kamu nggak pernah bolos.

2. Strategi ujian harus sudah kita tetapkan ketika jadwal ujian telah diumumkan.

3. Cobalah untuk menggolongkan mata ujian mana yang kira-kira terlalu sulit, kemudian catatlah urutan mata kuliah itu sesuai dengan tingkat kesulitan tertinggi, hingga yang termudah.

4. Untuk mata kuliah yang memang kelewat sulit, maka cobalah untuk melengakapi catatanmu dan juga cobalah untuk menanyakannya kepada dosenmu atau temanmu yang lebih tau akan materi yang kamu anggap sulit tersebut.

5. Gunakanlah waktu sebelum ujian dengan sebaik-baiknya.

6. Mintalah kepada Kedua Ortumu untuk mendoakanmu agar sukses ujian. (sesungguhnya doa mereka insyaAllah terkabulkan, apalagi ibumu)

7. Jangan sampai ujian mengganggu aktivitas ibadah kita, karena seharusnya dengan ujian, kita malahan harus lebih termotivasi untuk terus dekat kepadaNya.

8. Kumpulkan seluruh bahan dari sekolahmu ataupun dari tempat kuliahmu, baik itu diktat, makalah, catatan, kemudian susun berdasarkan jadwal ujian yang akan datang. Setelah itu cobalah untuk membacanya dan memahaminya, atau kalau perlu kamu sudah siap untuk menghapalnya dari sekarang. Tapi inget, jangan sikat semua pelajaran yg di uji besok pada malam sebelumnya (wayangan), usahakan kamu udah pernah baca2. Seandainya gak ada waktu, maka cobalah untuk belajar di siang hari, lalu istirahat disore hari, baru diulang pada malem hari.

9. Berusahalah untuk berusaha keras dari sekarang dan tinggalkanlah segala sesuatu yang tidak mendatangkan manfaat kepadamu,dan konsentrasikanlah pikiranmu untuk menghadapi ujian.

10. Nggak usah khawatir jika saat-saat ujian kamu merasa menderita, karena kerja kerasmu akan dapat kamu nikmati ketika nilai ujianmu keluar.

11. Usahakan take your time jangan terlalu terburu-buru, kecerobohan 1 pun bisa membuat malapetaka.

12. Jangan menumpuk pressure atau depresi terlalu lama, usahakan masih main di ulum (semesteran), sekedar 1 atau 2 jam untuk menghilangkan stress

13. Jika kamu punya kelebihan dalam satu mata kuliah, maka cobalah untuk mengajarkannya kepada temanmu yang kurang paham mata kuliah tersebut.

14. Jangan lupa untuk saling memberi motivasi agar serius menghadapi ujian, karena insyaAllah motivasi itu akan berguna bagi dirimu dan juga bagi temanmu yang lain. (nasehat menasehati dalam kesabaran dan ketaatan)

15. Jangan terlambat masuk kelas, trus jangan lupa juga bawa alat tulis yang diperlukan, klo bisa yang lengkap sekalian lebih bagus.

16. Periksa ulang NAMA, NO, Kelas, NO peserta, usahakan data diri kamu SELENGKAP-LENGKAPnya... karena meskipun kamu dpt 100, klo salah nulis nama doank.....wah bener-bener nyesel nantinya.

15. Tinggalin dulu semua masalah dengan pacar kamu, bukan berarti kamu punya masalah tyus kamu tinggalin gitu ajah..BUKAN....sebaiknya selesaikan masalah ma pacar kamu secepat mungkin. Ini sangat membantu konsentrasi kamu menghadapi ujian, jika perlu buat kesepakatan untuk berdamai ato ga bwat masalah (ribut) semasa ujian, yang lebih baik untuk menambah semangat dalam mendapatkan hasil ujian coba lah untuk saling memberi motivasi dan dorongan ato boleh juga dengan memberi embel2 hadiah....misalnya... yang dapat nilai baek akan dapat hadiah... (referensi : pengalaman pribadi....heheheh)

17. Terakhir, istirahat yang cukup yah. Apalagi, akhir2 ini banyak kuliah tambahan. Siapin fisik kamu, jangan sampe pas semesteran
malah sakit.

18. Yang paling akhir nich...setelah semua semesteran diselsaikan. Jangan lupa ucapin Alhamdulillah..........................


Buat Teman-teman Seperjuangan BIOLOGI
So....good luck aj deh.....

semoga semua usaha kita berhasil,
trus dapet hasil yang memuaskan...



0 komentar:

Posting Komentar

Template by:
Free Blog Templates