1.17.2009

Seperti yang telah kita banyak ketahui, bahwa inti dari permasalahan kerjasama dalam proses menajemen adalah komunikasi yang efektif. Apabila dalam suatu divisi disuatu perusahaan, memiliki individu – individu yang tidak memiliki kemampuan berkomunikasi yang efektif, biasanya kerjasama yang diharapkan sulit tercapai. Komunikasi merupakan faktor penting bagi keberhasilan suatu tim dalam bekerjasama. Jika setiap anggota dalam suatu tim dapat berkomunikasi dengan baik dan efektif, maka tim tersebut memiliki kesempatan yang lebih baik untuk berhasil dalam bekerjasama.

Komunikasi dapat dikatakan efektif, apabila pihak yang sebagai lawan berkomunikasi dapat menerima informasi yang disampaikan, memahami, mengingat dan yang paling menentukan adalah menanggapi atau memberikan feedback dari informasi yang diperolehnya. Apabila dalam berkomunikasi salah satu dari empat faktor ini tidak terjadi, maka kemungkinan besar komunikasi yang efektif tidak dapat terjadi pula. Dengan adanya kondisi semacam itu maka tim tersebut hanya membuang – buang waktu saja dan mudah terpecah– pecah serta komitmennya lemah.

Untuk menciptakan komunikasi yang efektif, perlu ditingkatkan kemampuan dalam setiap individu dalam bagaimana menyampaikan informasi dan mendengarkan aktif. Dari dua faktor tersebut sebagian besar keterampilan mendengarkan aktif kurang sekali diperhatikan, baik itu dari pihak pemberi informasi maupun penerima informasi.

Dalam setiap tim kemampuan mendengarkan aktif sangatlah mutlak harus dikuasi. Kebanyakan dari kita dalam berkomunikasi hanya memikirkan pada bagaimana menyampaikan pesan ataupun informasi, dan tidak pernah terfokus pada tanggung jawab kita juga akan sebagai penerima pesan.

Keterampilan mendengakan aktif

Komunikasi adalah suatu proses pemindahan informasi secara dua arah dari pihak pengirim ke pihak penerima, dan sebaliknya dari pihak penerima ke pihak pengirim. Dalam proses ini, apabila salah satu dari pihak tersebut tidak mendengarkan apa yang sedang dikomunikasikan, berarti tidak ada komunikasi. Oleh karena itu inti dari komunikasi adalah mendengarkan aktif. Aktif di sini adalah, bahwa dalam berkomunikasi kita tidak hanya berbicara dan mendengarkan apa yang sedang dikomunikasikan. Namun dalam berkomunikasi, agar dapat menghasilkan feedback yang sesuai dengan apa yang kita harapkan, kita perlu aktif dalam memperhatikan tingkah laku, sikap, intonasi dan lain sebagainya pada lawan bicara kita.

Kemampuan mendengarkan aktif ini sangat membantu dalam berkomunikasi, sebab apabila salah satu dari pihak yang berkomunkasi tidak memiliki teknik mendengarkan aktif, maka komunikasi itu akan terhambat bahkan mungkin tidak terjalin suatu komunikasi. Dengan mendengarkan secara aktif, kita dapat lebih memahami apa yang sedang dikomunikasikan oleh lawan bicara kita.

Untuk menerapkan teknik mendengarkan aktif dalam berkomunikasi, perlu diperhatiakan beberapa teknik penting yang harus kita kuasai agar membantu dalam berkomunikasi secara lebih efektif. Adapun teknik tersebut adalah :

Respon nonverbal















Respon nonverbal ini adalah suatu perbuatan atau sikap dalam bekomunkasi verbal dimana dalam penggunaannya akan meningkatkan kekuatan komunikasi. Sikap ini terkadang biasa disebut dengan bahasa tubuh (Body Language).

Meskipun demikian, dalam menggunakan teknik nonverbal ini, tanpa mendengarkan dengan sungguh – sungguh komunikasi pun juga tidak akan berjalan. Bahkan sikap ini akan merugikan, bila lawan bicara kita tahu bahwa kita tidak mendengarkan.

Komunikasi yang yang biasa kita lakukan sehari – hari, baik itu di dalam perusahaan maupun di luar perusahaan sebagian besar menggunakan komunikasi nonverbal. Bahkan apabila kita sedang berbicara, komunikasi nonverbal masih tetap dipergunakan. Dengan menggunakan komunikasi nonverbal dalam berkomunikasi, kita dapat mempengaruhi anggota tim lainnya, dan merekapun dapat mempengaruhi kita tanpa mengucapkan sepatah kata pun. Tabel berikut ini berisi beberapa contoh prilaku komuniksi nonverbal dan maknanya yang biasa ditangkap.

Parafrase







Parafrase adalah tekhnik mendengarkan aktif yang dapat membantu kita dalam memahami secara tepat apa yang diucapkan seseorang pada waktu berkomunikasi, serta menunjukkan bahawa kita pendengar yang penuh perhatian.

Dengan mempelajari dan menggunkan tekhnik ini secara teratur, kelak kita akan terhindar dari keharusan untuk memperjelas hal – hal yang menurut kita saat ini telah paham. (PB)



0 komentar:

Posting Komentar

Template by:
Free Blog Templates